|  Website Utama   |  Form Login   |  Hubungi Kami  |  

Jurnal Prodi Sejarah



Detail Jurnal
JudulPENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS VII DI MTs HASYIM ASYARI SUKODONO SIDOARJO
PengarangQurrota A’yun
TanggalApril 2013
Volume1
No. ISSN2337-9707
JurnalJurnal mahasiswa
AbstrakPenelitian tindakan kelas ini bertujuan memperbaiki kondisi motivasional siswa dalam pembelajaran sejarah melalui snowball drilling. Metode itu dipilih sebagai tindakan paling efektif berdasarkan sifat penyajian sejarah di MTs yang menekankan sejarah deklaratif. Metode penelitian yang dipergunakan adalah pendekatan siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian adalah pada variabel perhatian disetiap kelompok terjadi penurunan jumlah siswa yang melakukan pengulangan kesalahan. Dikelompok 1 dari 50% menjadi 15,79% dan di kelompok 2 dari 42,86% menjadi 15%. Seiring penurunan tersebut, disetiap kelompok terjadi peningkatan jumlah soal yang berhasil dijawab benar. Dikelompok 1 dari 60% menjadi 95% dan di kelompok 2 dari 70% menjadi 100%. Pada variabel percaya diri dan kepuasan terjadi peningkatan jumlah siswa yang menjawab benar hanya dalam 1 kali kesempatan. Dikelompok 1 dari 50% menjadi 78,95% dan dikelompok 2 dari 57,14% menjadi 90%. Peningkatan kondisi motivasional itu seiring dengan respon siswa yaitu 95% menyatakan senang belajar sejarah melalui snowball drilling. Kondisi motivasional yang semakin baik tersebut berdampak pada peningkatan jumlah siswa tuntas belajar, yaitu dari 92,31% menjadi 97,5%. Secara umum dapat disimpulkan bahwa snowball drilling berhasil menciptakan iklim pembelajaran sejarah yang menyenangkan. Kata-kata kunci: Perhatian, Percaya Diri, Snowball Drilling
Download Jurnal[Download]

Back