|  Website Utama   |  Form Login   |  Hubungi Kami  |  

Jurnal Prodi Sejarah



Detail Jurnal
JudulUPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R DALAM MODEL PEMBELAJARAN TERBALIK SUB POKOK BAHASAN KERAJAAN HINDU DI INDONESIA PADA SISWA KELAS VII SMP AL FATAH SURABAYA TAHUN AJARAN 2013/2014
PengarangCholifah, Soni Indrawanto, Yudi Prasetyo
TanggalSeptember 2013
Volume1 no. 2
No. ISSN2337 9707
JurnalJurnal mahasiswa
AbstrakDewasa ini, dunia pendidikan dituntut untuk lebih maju dan berkualitas dalam menghasilkan lulusan yang dapat bersaing di zaman modern yang penuh dengan persaingan. Ilmu pengetahuan dan keterampilan harus dimiliki agar dapat bersaing dan bertahan dalam persaingan. Pada saat ini telah banyak dikembangkan pembelajaran yang berorientasi pada siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang membuat siswa sktif adalah strategi PQ4R (preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review), sedangkan model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran terbalik dan materi yang dipilih adalah Kerajaan Hindu. Model pembelajaran terbalik dipilih karena model pembelajaran tersebut mengajarkan pemahaman mandiri, sedangkan pokok bahasan Kerajaan Hindu dipilih karena materi ini membutuhkan pemahaman dan penghafalan dalam setiap kalimat. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 4, 11, 18, 25 September 2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMP AL-FATAH Surabaya. Adapun subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B yang berjunlah 28 siswa dan penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1.Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan strategi PQ4R dalam model pembelajaran terbalik untuk pokok bahasan Kerajaan Hindu, 2.Mendeskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan strategi PQ4R dengan model pembelajaran terbalik untuk pokok bahasan Kerajaan Hindu, 3.Mendeskripsikan ketuntasan belajar siswa selama penerapan strategi PQ4R dengan model pembelajaran terbalik.
Download Jurnal[Download]

Back