|  Website Utama   |  Form Login   |  Hubungi Kami  |  

Jurnal Prodi Sejarah



Detail Jurnal
JudulPEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN CANDINEGORO KECAMATAN WONOAYU – SIDOARJO
PengarangPipit Wijayanti, F.X. Wartoyo, Priyanto Widodo
TanggalMaret 2014
Volume2 no. 1
No. ISSN2337-9707
JurnalJurnal mahasiswa
AbstrakPembelajaran IPS di kelas V SDN Candinegoro Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo masih dikemas secara konvensional. Guru lebih banyak berceramah sehingga aktivitas belajar siswa menjadi pasif. Oleh karena itu, peneliti melakukan pembaruan penyajian pembelajaran IPS melalui penggunaan metode pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, kendala-kendala yang dialami guru dan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Candinegoro Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo dengan menggunakan metode pembelajaran role playing. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Candinegoro yang berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada setiap siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, dan wawancara. Hasil wawancara kendala-kendala pada penggunaan metode pembelajaran role playing akan dijabarkan secara deskriptif.
Download Jurnal[Download]

Back