|  Website Utama   |  Form Login   |  Hubungi Kami  |  

Jurnal Prodi Sejarah



Detail Jurnal
JudulPENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO PADA SISWA KELAS VI SD MA’ARIF YPM WONOCOLO KEC. TAMAN KAB. SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
PengarangHanum Hikmah Wifagi, Minun Iswanto, Digdo Santoso
TanggalSeptember 2013
Volume1 no. 2
No. ISSN2337-9707
JurnalJurnal mahasiswa
AbstrakPrestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Sejarah di SD Ma’arif YPM Wonocolo Kec.Taman Kab. Sidoarjo tergolong masih rendah. Hal tersebut diantaranya disebabkan model pembelajaran kurang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Pembelajaran Sejarah di SD, hanya disampaikan melalui ceramah akan sulit diterima oleh siswa dan membosankan.dalam hal ini diperlukan oleh seorang guru untuk mempertimbangkan model pembelajaran lain yang efektif dan tepat sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran melalui penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis portofolio. Pada dasarnya portofolio sebagai model pembelajaran merupakan usaha yang dilakukan agar siswa memiliki kemampuan untuk mengungkapkan dan mengekspresikan dirinya sebagai individu maupun kelompok. Kemampuan tersebut diperoleh siswa melalui pengalaman belajar sehingga memiliki kemampuan mengorganisir informasi yang ditemukan, membuat laporan dan menuliskan apa yang ada dalam pikirannya, dan dituangkan secara penuh dalam tugas-tugasnya. Metode pembelajaran portofolio dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan mengemukakan pendapat dan menerapkan ilmu Sejarah dalam kehidupan bermasyarakat.
Download Jurnal[Download]

Back