|  Website Utama   |  Form Login   |  Hubungi Kami  |  

Jurnal Prodi Sejarah



Detail Jurnal
JudulKEMAMPUAN MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA SEKOLAH DASAR
PengarangIis Nunik I.R., J. Priyanto Widodo, Minun Iswanto
TanggalApril 2013
Volume1
No. ISSN2337-9707
JurnalJurnal mahasiswa
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa meng-hargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia melalui penggunaan media pembelajaran permainan ular tangga pada siswa kelas V SD Negeri Pepelegi I Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pepelegi I yang berjumlah 25 siswa. Data yang dihimpun berupa data pengamatan aktivitas siswa dan wawancara guru dan siswa. Hasil pratindakan pada penelitian ini menunjukkan kemampuan siswa yang masih rendah, yaitu nilai rata-rata 67,8. Kemudian pada siklus pertama, terdapat peningkatan sebesar 20% dengan nilai rata-rata sebesar 81,36, dan pada siklus kedua, terdapat kenaikan sebesar 11% dari siklus pertama atau 31% dari pra tindakan menjadi 89,76. Pada siklus kedua ini ditemukan siswa yang kemampuan belajarnya kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) hanya satu orang. Karena telah terjadi peningkatan baik dalam kegiatan pembelajaran seperti yang diharapkan maka penelitian dihentikan setelah siklus kedua. Kata Kunci: Kemampuan menghargai, Keragaman Suku Bangsa, IPS SD kelas V, Permainan Ular Tangga.
Download Jurnal[Download]

Back