|  Website Utama   |  Form Login   |  Hubungi Kami  |  

Jurnal Prodi Matematika



Detail Jurnal
JudulPembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita
PengarangBudhi Rahayu Sri Wulan, Dzukifly Effendi, Siti Andriani Wida
TanggalApril 2013
VolumeVol. 01 No. 01
No. ISSN2337-8166
JurnalJurnal mahasiswa
AbstrakPenelitian ini dilaksanakan di SMA PGRI 5 Sidoarjo pada semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program IPS yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 27 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana model pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas XI IPS dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan peluang”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita. Pada siklus I belum menunjukkan hasil yang optimal dalam meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita, oleh karena itu dilakukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan tetapi masih belum optimal, kemudian dilakukan siklus III untuk perbaikan. Hasil observasi pembelajaran berdasarkan masalah terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Kata kunci : Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita, Pembelajaran Berdasarkan Masalah.
Download Jurnal[Download]

Back