|  Website Utama   |  Form Login   |  Hubungi Kami  |  

Jurnal Prodi Matematika



Detail Jurnal
JudulPenerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Perkalian Bilangan Bulat
PengarangDewik Irlinawati, Dzulkifli Efendi, Siti Andriani W.
TanggalSeptember 2013
VolumeVol. 01 No. 02
No. ISSN2337-8166
JurnalJurnal mahasiswa
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas dan hasil belajar peserta didik dapat mengalami peningkatan selama pembelajaran berlangsung. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Pada siklus I belum menunjukkan hasil yang optimal dalam meningkatkan prestasi belajar, oleh karena itu dilakukan siklus II. Prestasi belajar peserta didik selama pembelajaran mengalami peningkatan, pada siklus I ketuntasan klasikal 32,56% denagn niali rata-rata kelas 65,03 dan pada siklus II ketuntasan klasikal 81,4% dengan nilai rata-rata kelas 76,2. Aktivitas peserta didik selama pembelajaran mengalami peningkatan setiap siklusnya dari 67,43% pada siklus pertama, menjadi 82,02% pada siklus kedua.
Download Jurnal[Download]

Back