|  Website Utama   |  Form Login   |  Hubungi Kami  |  

Jurnal Prodi Matematika



Detail Jurnal
JudulIdentifikasi Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika
PengarangSolaikah, Dian Septi Nur Afifah, Suroto
TanggalApril 2013
VolumeVol. 01 No. 01
No. ISSN2337-8166
JurnalJurnal mahasiswa
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. kemampuan yang penting dan diharapkan dikuasai oleh siswa adalah kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika dengan benar. Polya mengemukakan 4 langkah penyelesaian soal yaitu : memahami soal, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Subyek penelitian ini adalah SMP Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo Kelas IX – D terdiri dari 3 siswa yaitu 1 siswa kelompok tinggi, 1 siswa kelompok sedang, dan 1 siswa kelompok rendah. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan wawancara. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh hasil bahwa siswa kelompok tinggi mampu menggunakan 4 langkah penyelesaian dengan benar beserta jawaban. siswa kelompok sedang mampu menggunakan 4 langkah penyelesaian tetapi kurang benar dalam memberi jawaban sedangkan kelompok rendah mampu menggunakan sampai 3 langkah penyelesaian tetapi tidak benar dalam memberi jawaban. Kata Kunci: kemampuan matematika, penyelesaian soal
Download Jurnal[Download]

Back