|  Website Utama   |  Form Login   |  Hubungi Kami  |  

Jurnal Prodi Matematika



Detail Jurnal
JudulPengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Aptitude Treatment Interaction Pada Efektivitas Pembelajaran Matematika
PengarangNovi Yannidah, Lambang Kurniawan, Aunillah
TanggalApril 2013
VolumeVol. 01 No. 01
No. ISSN2337-8166
JurnalJurnal mahasiswa
AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis bagaimana kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran. Efektifitas pembelajaran yang meliputi: aktivitas siswa, keterlaksanaan sintaks pembelajaran, respon dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran Matematika yang dikembangkan dengan pendekatan Aptitude Treatment Interaction pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung sub pokok bahasan luas permukaan tabung dan kerucut di kelas IX B Madrasah Tsanawiyah Nurus Syafi’i. Perangkat pembelajaran Matematika yang dikembangkan dengan pendekatan Aptitude Treatment Interaction pada penelitian ini menggunakan model 4-D (Four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh hasil bahwa perangkat pembelajaran berkategori valid dan praktis, aktivitas siswa dapat dikatakan efektif, keterlaksanaan sintaks pembelajaran memenuhi kriteria efektif, siswa merespon dalam kategori positif, dan hasil belajar siswa memenuhi batas ketuntasan secara individual dan klasikal. Kata Kunci: Aptitude Treatment Interaction
Download Jurnal[Download]

Back