|  Website Utama   |  Form Login   |  Hubungi Kami  |  

Jurnal Prodi Matematika



Detail Jurnal
JudulUpaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw
PengarangBudihartin Dwi Meilawati, Aunillah, Kusno
TanggalApril 2013
VolumeVol. 01 No. 01
No. ISSN2337-8166
JurnalJurnal mahasiswa
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VII-I SMP Negeri 2 Gedangan melalui pembelajaran kooperatif model jigsaw pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melalui pembelajaran kooperatif model jigsaw memberikan dampak yang positif terhadap meningkatnya hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah matematika karena model jigsaw merupakan pengembangan dari pembelajaran yang inovatif, efektif dan fleksibel dimana peranan siswa sangat besar sekali. Ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada: 1) Hasil belajar meningkat dari rata-rata 76,38 pada siklus I dan 83,59 pada siklus II dengan nilai ketuntasan minimal sebesar 75. 2) kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran model jigsaw dikategorikan baik yakni memperoleh prosentase 81% dari prosentase kriteria maksimal 100%. 3) ketuntasan belajar siswa meningkat dari 68% menjadi 85%, sedangkan nilai ketuntasan belajar kelas pada penelitian ini minimal sebesar 75%. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Kooperatif Model Jigsaw.
Download Jurnal[Download]

Back