|  Website Utama   |  Form Login   |  Hubungi Kami  |  

Jurnal Prodi Matematika



Detail Jurnal
JudulStudi Komparatif Strategi Belajar Arias dan Strategi Belajar Vak
PengarangMaharani Akbar Sancoko, Aunillah, Lambang Kurniawan
TanggalApril 2013
VolumeVol. 01 No. 01
No. ISSN2337-8166
JurnalJurnal mahasiswa
AbstrakPenelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian siswa SMP kelas VII yang bertujuan membandingkan hasil belajar antara siswa yang menggunakan strategi belajar ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dan siswa yang menggunakan strategi belajar VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic). Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan program SPSS, diperoleh hasil akhir Ho diterima sedangkan Ha ditolak. Sehingga disimpulkan bahwa “rata – rata nilai kelompok siswa yang menggunakan strategi belajar ARIAS sama dengan rata – rata nilai kelompok siswa yang menggunakan strategi belajar VAK” atas dasar taraf signifikan 5%. Sedangkan aktivitas siswa dari tiap – tiap pertemuan mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik dengan rata – rata peningkatan sebesar 4,9% untuk kelas dengan strategi belajar ARIAS dan 4,3% untuk kelas dengan strategi belajar VAK. Respon siswa terhadap proses pembelajaran yaitu sebesar 3,17 (masuk kategori baik) untuk kelas dengan strategi belajar ARIAS dan 2,9 (masuk kategori baik) untuk kelas dengan strategi belajar VAK. Kata kunci : ARIAS, VAK, Hasil Belajar
Download Jurnal[Download]

Back