|  Website Utama   |  Form Login   |  Hubungi Kami  |  

Jurnal Prodi Matematika



Detail Jurnal
JudulModel Pembelajaran Cooperative dengan Pendekatan Active Learning pada Materi Aljabar
PengarangFurghon Zendy Halim, Suroto, Bambang Soerjono
TanggalApril 2013
VolumeVol. 01 No. 01
No. ISSN2337-8166
JurnalJurnal mahasiswa
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan, ketuntasan belajar, dan respon peserta didik terhadap pendekatan active learning dalam belajar materi aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diambil adalah hasil observasi keaktifan peserta didik, hasil tes belajar peserta didik, dan hasil angket yang memuat respon peserta didik. Kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan, bahwa (1) persentase nilai keaktifan peserta didik selalu meningkat, sehingga keaktifan peserta didik dikategorikan baik, (2) hasil belajar peserta didik secara klasikal dikatakan tuntas, dan (3) nilai rata-rata respon peserta didik terhadap pendekatan active learning dikategoriksn baik. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, active learning, aljabar
Download Jurnal[Download]

Back